Objek wisata Pura Tanah Lot Bali, sejarah Pura Tanah Lot Bali, dan waktu terbaik melihat keindahan sunset di Tanah Lot

Paket tour Bali | Pura Tanah LotPura Tanah Lot Bali atau juga disebut Pura Luhur Tanah Lot adalah sebuah tempat suci agama Hindu yang mempunyai keindahan yang natural dengan Tanah Lot sunset Bali yang memukau, Tanah Lot merupakan salah satu tempat terbaik di Bali untuk melihat sunset dan keindahan sunset Tanah Lot Bali adalah salah satu yang terindah di Bali.

Pura Tanah Lot Bali terletak di tepi pantai Tanah Lot dan berdiri di atas sebuah batu karang laut yang kokoh dan kuat, disebelah baratnya juga terdapat pura yang disebut Pura Batu Bolong yang juga memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya.

Tempat wisata Tanah Lot Bali pada saat sunset atau matahari terbenam adalah pemandangan yang terbaik dan sangat indah yang bisa kita nikmati ketika mengunjungi salah satu tempat/objek wisata favorit yang terkenal di Pulau Bali ini dan akan menjadikan liburan di Bali anda tidak terlupakan dan penuh kesan. Tempat suci ini adalah salah satu dari Pura Kahyangan Jagat, pura yang sangat sakral dan suci serta sangat dijaga kesucian dan kelestariannya oleh masyarakat Pulau Dewata.

Tanah Lot berasal dari kata “Tanah” yang artinya tanah dan “Lot” (Lod) yang artinya laut, karena letaknya di laut atau di pantai seperti mengambang ketika air laut pasang maka dapat diartikan Tanah Lot berarti sebuah Tanah atau Pulau yang terletak di laut, oleh karena itu orang-orang pun menyebutnya Tanah Lot.

Pura Tanah Lot berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, di pesisir selatan pulau Bali kurang lebih 25 kilometer dari Kota Denpasar. Pura Tanah Lot terletak di atas batu karang laut besar menghadap ke samudra Hindia. Tempat ibadah ini adalah sebuah pura Hindu yang dibangun untuk memuja Tuhan dalam manifestasi-NYA sebagai Dewa Laut atau Dewa Baruna untuk keselamatan dan kesejahteraan dunia serta keseimbangan antara laut dan bumi.

Sejarah Pura Tanah Lot

Paket Tour Ke Bali | Pura Tanah LotPura Tanah Lot di bangun pada abad ke 15 Masehi saat Bali dipimpin oleh Raja Waturenggong. Awalnya ada orang suci penyebar Agama Hindu Siwa yang datang dari tanah Jawa bernama Dang Hyang Nirartha. Beliau datang ke Bali bertujuan untuk memperkuat ajaran Hindu Siwa dan Menyebarkan ke masyarakat yang lebih luas. Kedatangan beliau disambut baik oleh Raja Waturenggong. Saat melakukan perjalan di daerah yang kini menjadi Pura Tanah Lot, Beliau melihat sinar dari arah pinggir laut dan memutuskan untuk mencari sumber cahaya itu. Sesampainya disana beliau bersemedi untuk mendapatkan anugrah dari para Dewa.

Akan tetapi kedatangannya di tempat itu tidak dikehendaki oleh seorang pemimpin desa setempat dan menganggap beliau sebagai musuh. Karena pemimpin desa dan sebagian warga desa dulunya adalah penganut kepercayaan pagan. Orang-orang desa berusaha mengusir Dang Hyang Nirartha dari tempatnya bersemedi. Tak disangka Dang Hyang Nirartha menganggat batu tempatnya bersemedi kemudian meletakkannya di tengah laut sehingga beliau bisa menghindari gangguang warga desa.

Melihat hal ajaib itu, pemimpin desa dan semua warga tercengang dan mempercayai apa yang di sampaikan Dang Hyang Nirartha, kemudian semua warga di desa tersebut memeluk Agama Hindu Siwa. Setelah berhasil membujuk warga desa untuk memeluk Hindu Siwa kemudian Dang Hyang Nirartha meminta masyarakat setempat membangun sebuah Pura untuk pemujaan para Dewa. Pura itu dikenal sampai sekarang bernama Pura Tanah Lot yang artinya adalah batukarang yang berada di tengah lautan.

Pemandangan Sunset dan Waktu Terbaik Mengunjungi Tanah Lot

Ular Pura Tanah LotTanah Lot adalah daerah tujuan wisata yang sangat terkenal di dunia, dan menjadi salah satu obyek wisata terbaik di pulau Bali serta salah satu tempat wisata favorit untuk menikmati keindahan sunset/matahari tenggelam di pulau dewata. Setiap hari objek wisata ini dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Banyak turis/wisatawan bertanya jam berapa sunset di Tanah Lot? untuk bisa menikmati keindahan Pura Tanah Lot dengan pemandangan sunset view yang keren, direkomendasikan mengunjungi Tanah Lot pada senja atau sore hari dengan cuaca yang cerah, dari sekitar jam 4 sore sampai jam 7 petang/malam adalah waktu yang terbaik untuk mengunjungi Tanah Lot karena pada jam-jam itu dengan cuaca yang cerah kita bisa menikmati keindahan sunset/matahari terbenam yang spektakular.

Selain itu pengunjung juga bisa berjalan-jalan dan berada dekat dengan batu karang dari areal pura pada saat air laut surut, tetapi sangat berbahaya dan tidak dianjurkan melakukan hal itu pada air laut pasang. Tempat wisata Tanah Lot juga sangat cocok dijadikan sebagai liburan keluarga, dalam kawasan ini juga terdapat fasilitas yang memadai seperti hotel, restoran, sunset teras, Tanah Lot cultural park, toko suvenir, tempat parkir yang luas, fasilitas emergensi, fasilitas keamanan sekuriti (security), toilet, tempat bersantai dan juga pusat informasi.

Mulai chat!
1
Halo, kami siap membantu Anda