Pantai Pandawa menjadi salah satu pantai pasir putih terkenal di Bali yang wajib dikunjungi. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung dan lebih terkenal dikalangan wisatawan mancanegara dengan nama secret beach. Sedangkan masyarakat lokal lebih mengenal dengan nama pantai Kutuh.

Pantai Pandawa KutuhPantai Pandawa di Bali merupakan satu pantai baru yang sedang menjadi primadona dan buah bibir orang saat berbicara mengenai tempat wisata di daerah Bali. Jika anda membandingkan dengan pantai -pantai lain di bali semisal pantai Kuta dan Sanur, atau tanah lot, tentu nama pantai Pandawa masih terdengar asing.

Letak Dan lokasi Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa atau Secret beach ini terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung. Jarak dari Kuta sekitar 18 km atau sekitar satu jam perjalanan tergantung kemacetan. Satu hal yang menarik mengenai letak dari lokasi pantai pandawa ini adalah pantai ini berada di balik tebing. Inilah salah satu alasan mengapa pantai ini di sebut dengan secret beach, atau pantai tersembunyi. Banyak orang memang menilai pantai pandawa di bali ini sebagai sebuah surga yang tersembunyi.

Pantai Pandawa Bali, Pantai Tersembunyi Di Balik Tebing Dan Filosofi Pandawa Lima

Sepanjang perjalanan menyusuri tebing, saat sudah mendekati pantai, anda akan bisa menemukan patung panca pandawa, atau pandawa lima, yaitu lima ksatria pandawa yang merupakan tokoh utama dari kisah Mahabarata yang terkenal itu. Dan saat anda akhirnya sampai di pantainya, anda akan menemukan ketenangan dan kesejukan pantai di Bali yang masih alami. Tiket masuk pantai pandawa hanya Rp 5.000,- saja per orang, dan ditambah Rp 5.000 lagi untuk kendaraan beroda empat.

Filosofi Patung Pandawa Lima Di Tebing Pantai Pandawa Bali

Patung Pantai PandawaBukan tanpa alasan tebing di sepanjang jalan menuju pantai pandawa ini dibuatkan patung para tokoh pewayangan pandawa lima. Ya, sesuai dengan tokoh pandawa lima, pada tebing di sepanjang jalan menuju pantai ini dibuat patung-patung Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa secara berurutan. Keberadaan patung-patung ini diambil dari salah satu penggalan kisah Mahabarata saat kelima pendawa ini dikurung dalam Goa gala-gala. Kelima pandawa berhasil selamat setelah mereka membuat sebuah terowongan yang berujung ke sebuah hutan belantara. Di hutan ini, kemudian keluarga pandawa mendirikan kerajaan Amertha.

Cerita itulah ini yang menjadi inspirasi oleh masyarakat sekitar pantai pandawa. Mereka melambangkan filosofi dari keberadaan pantai pandawa yang dulunya tersembunyi di balik tebing, hingga akhirnya dibuatkan jalan sehingga kini pantai pandawa ini bisa memberi manfaat dan seolah menjadi kerajaan baru bagi masyarakat sekitar.

Sejarah Pantai Pandawa Bali

Pantai Pandawa BaliNama pantai pandawa megandung makna tersendiri terkait sejarah pantai ini. Sebelum menjadi buah bibir seperti saat ini, pantai pandawa merupakan pantai yang indah dan alami, namun tersembunyi. Julukan secret beach sangat sesuai untuk pantai ini kala itu. Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya hanya tahu mengenai pantai ini dari mulut ke mulut. Ditambah, akses masuk ke pantai ini terbilang sulit.

Pada sekitar tahun 2010, wisatawan terutama asing, semakin penasaran dengan secret beach ini, karena di samping tempatnya yang masih alami, dan pasir putihnya yang halus, ombak pantai ini juga cocok untuk berselancar atau surfing.

Akhirnya Pada tahun 2012 tepatnya tanggal 27 Desember diadakanlah Pandawa Beach Festival yang Pertama di Pantai Melasti atau Secreet Beach saat itu juga pantai ini resmi berganti nama dengan Nama PANTAI PANDAWA, yang melambangkan sebuah filosofi seperti pandawa yang sudah disebut di atas. Pemerintah juga membuatkan jalan yang baik agar orang bisa dengan mudah dating ke pantai ini. Benar-benar sesuai dengan filosofi pandawa yang harus membuat terowongan untuk membuat kerajaan baru.

Berwisata Ke Pantai Pandawa

Banyak hal yang bisa anda lakukan saat berwisata ke pantai pandawa ini. Pertama tentu saja pengalaman menarik saat menyusuri tebing sepanjang alan menuju pantai. Kemudian berhenti dan berfoto dengan patung pandawa lima.

Saat tiba di pantai, anda akan bisa bersantai dan menikmati lembutnya pasir putih,langit biru dan angin yang sejuk. Anda bisa menyewa kursi untuk berjemur berserta payung dengan harga Rp 50.000 saja tanpa batas waktu penggunaan. Setelah sejenak bersantai anda bisa menikmati beragam aktifitas air di pantai ini.

Pantai ini ombaknya cukup tenang sehingga cocok untuk berenang. Di pantai ini juga tersedia jasa sewa kano. Untuk penyewaan 1 kano anda akan dikenakan biaya Rp 50.000/jam sudah termasuk jaket pelampung. Satu kano bisa dinaiki 2 orang.

Mulai chat!
1
Halo, kami siap membantu Anda